BAB I


 

BAB I

Bisnis Online dan Pemasaran Online

A.    Definisi Bisnis Online

1.      Pengertian Bisnis ‘Online’

Bisnis online terdiri dari 2 kata yakni bisnis dan online. Bisnis adalah suatu usaha atau aktivitas yang dilakukan oleh kelompok maupun individual, untuk mendapatkan laba dengan cara memproduksi produk maupun jasanya untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Sedangkan kata online menurut kamus.web.id adalah suatu kegiatan yang terhubung melalui jaringan komputer yang dapat di akses melalui jaringan komputer lainnya.

Bisnis online adalah sebuah cara promosi atau menawarkan barang atau jasa yang dilakukan menggunakan jaringan internet, untuk mudahnya pengertian bisnis online adalah menjual atau promosi yang dilakukan dengan cara online atau menggunakan internet dengan saling berkomunikasi.

2.      Cara Menjalankan Bisnis ‘Online’

Ada banyak metode yang digunakan untuk menjual atau menawarkan jasa menggunakan internet, namun yang paling umum digunakan dalam menjual barang adalah menggunakan web toko online. Sudah banyak orang berhasil dengan menjual produk mereka menggunakan web toko online.

3.      Tips Memulai Bisnis ‘Online’

a.      Menjalankan bisnis online harus memiliki web atau blog.

b.      Bergabung di media sosial

c.       Menggunakan forum jual beli

4.      Cara Sukses Usaha Bisnis ‘Online’

a.      Tentukan tujuan

b.      Riset pasar

c.       Jangan ditunda

d.      Lakukan bertahap

e.      Perluas jaringan

f.        Marketing

g.      Berani ambil resiko

5.      Macam-Macam Bisnis ‘Online’

a.      Manufaktur, yaitu bisnis yang kegiatan atau aktivitasnya memproduksi produk yang berasal dari barang baku/mentah atau yang terdiri dari beberapa komponen-komponen, kemudian dijadikan menjadi sebuah produk dan dijual untuk mendapatkan keuntungan.

b.      Bisnis Jasa, yaitu bisnis yang aktivitas atau kegiatannya menghasilkan barang intangible/jasa yang dibutuhkan konsumen, sehingga pelaku bisnis akan mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka berikan.

c.       Bisnis pengecer dan distributor (penjual), yaitu pihak yang berperan sebagai perantara barang/produk antara produsen dengan konsumen yang juga mendapatkan keuntungan dari akivitas jual beli produk.

d.      Bisnis pertanan dan pertambangan, yaitu bisnis yang kegiatan dan aktivitasnya berupa memproduksi barang-barang mentah.

e.      Bisnis Finansial, yaitu aktivitas atau kegiatan yang mendapatkan keuntungan dari sebuah investasi dan pengelolaan modal yang diberikan kepada pelaku usaha untuk nantinya mendapatkan bagi hasil dengan pelaku usaha.

f.        Bisnis informasi, yaitu kegiatan/ativitas yang menghasilkan keuntungan terutama dari penjualan kembali properti intelektual.

g.      Bisnis utilitas, merupakan bisnis yang mengoperasikan jasa untuk publik.

h.      Bisnis real estate, merupakan kegiatan/aktivitas yang dapat menghasilkan keuntungan dengan cara menjual, menyewakan, dan mengembangkan properti.

i.        Bisnis transportasi, yaitu bisnis/kegiatan yang mendapatkan keuntungan dengan cara mengantarkan barang atau individu dari sebuah lokasi ke lokasi tujuan konsumen sehingga pelaku mendapatkan imbalan sebagai jasa.

 

B.     Pemasaran Online/Online Marketing

1)      Defini Pemasaran ‘Online’

Pemasaran Online (online marketing) merupakan kegiatan komunikasi pemasaran dengan menggunakan media internet. Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain.

2)      Manfaat Pemasaran ‘Online’

a.      Melakukan perubahan dengan cepat

b.      Menentukan sasaran demografis tertentu

c.       Banyak media pilihan

d.      Penghubung yang efektif antara pemasar dengan konsumen

e.      Kemampuan konversi instan

3)      Keuntungan Pemasaran ‘Online’

a.      Tanpa batas waktu

b.      Tanpa batas tempat

c.       Efisiensi biaya operasional

d.      Kemudahan dalam srategi pemasaran produk

e.      Kemudahan manajemen dan organisasi

f.        Kemudahan pengawasan

g.      Memberikan keuntungan yang tidak terbatas

4)      Komponen Pemasaran ‘Online’

a.      Produk

Produk merupakan titik sentral dari kegiatan marketing. Semua kegiatan marketing lainnya digunakan untuk menunjang pemasaran produk. Produk meliputi segala sesuatu yang dapat ditawarkan oleh produsen untuk diperhatikan, dicari, diminta, dibeli, digunakan, atau pun dikonsumsi pasar sebagai pemenuhan kebutuhan atau keinginan pasar yang bersangkutan.

b.      Price

Kegiatan pemasaran barang dan jasa yang dilakukan perusahaan perlu memperhatikan  faktor harga atau price. Price ini yang juga merupakan bagian dari 4P komponen pokok marketing mix.

c.       Place

Pengertian saluran distribusi adalah rute atau rangkaian perantara. Place yang dimaksud ini meliputi yang dikelola pemasar maupun yang independen, dalam menyampaikan barang dari produsen ke konsumen.

d.      Promotion

Komponen marketing mix yang keempat adalah promosi. Kegiatan promosi dan produk, tidak dapat dipisahkan karena keduanya pada dasarnya saling berkaitan.

e.      People

People unsur orang atau manusia yang melayani terutama dalam perusahaan yang menjual jasa. Yang termasuk dalam 5P ini meliputi unsur pimpinan, yang mengambil keputusan, dan unsur karyawan yang melayani konsumen.

f.        Pyshical evidence

Pyshical evidence merupakan bukti fisik yang dimiliki oleh perusahaan jasa.

g.      Process

Process yakni bagaimana proses pemasaran dilakukan sampai jasa yang diminta oleh konsumen diterima secara memuaskan.

5)      Cara Kerja Pemasaran ‘Online’

a)      Awarenes (kesadaran)

b)      Internet (ketertarikan)

c)      Desire (keinginan)

d)      Action (tindakan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apa itu Fankit??

 Apa sih Fankit itu???             Fankit adalah pernak-pernik yang berbau dengan idol seperti kipas, handbanner, stiker, keychain, foto pol...