BAB I
Bisnis Online dan Pemasaran Online
A. Definisi
Bisnis Online
1.
Pengertian
Bisnis ‘Online’
Bisnis online
terdiri dari 2 kata yakni bisnis dan online.
Bisnis adalah suatu usaha atau aktivitas yang dilakukan oleh kelompok maupun
individual, untuk mendapatkan laba dengan cara memproduksi produk maupun
jasanya untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Sedangkan kata online menurut kamus.web.id adalah
suatu kegiatan yang terhubung melalui jaringan komputer yang dapat di akses
melalui jaringan komputer lainnya.
Bisnis online adalah
sebuah cara promosi atau menawarkan barang atau jasa yang dilakukan menggunakan
jaringan internet, untuk mudahnya pengertian bisnis online adalah menjual atau promosi yang dilakukan dengan cara online atau menggunakan internet dengan
saling berkomunikasi.
2. Cara Menjalankan Bisnis ‘Online’
Ada banyak metode yang digunakan untuk menjual atau
menawarkan jasa menggunakan internet, namun yang paling umum digunakan dalam
menjual barang adalah menggunakan web toko online.
Sudah banyak orang berhasil dengan menjual produk mereka menggunakan web toko online.
3. Tips Memulai Bisnis ‘Online’
a. Menjalankan
bisnis online harus memiliki web atau
blog.
b. Bergabung
di media sosial
c. Menggunakan
forum jual beli
4. Cara Sukses Usaha Bisnis ‘Online’
a. Tentukan tujuan
b. Riset pasar
c. Jangan
ditunda
d. Lakukan
bertahap
e. Perluas
jaringan
f.
Marketing
g. Berani
ambil resiko
5. Macam-Macam Bisnis ‘Online’
a. Manufaktur,
yaitu bisnis yang kegiatan atau aktivitasnya memproduksi produk yang berasal
dari barang baku/mentah atau yang terdiri dari beberapa komponen-komponen,
kemudian dijadikan menjadi sebuah produk dan dijual untuk mendapatkan
keuntungan.
b. Bisnis
Jasa, yaitu bisnis yang aktivitas atau kegiatannya menghasilkan barang
intangible/jasa yang dibutuhkan konsumen, sehingga pelaku bisnis akan
mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka
berikan.
c. Bisnis
pengecer dan distributor (penjual), yaitu pihak yang berperan sebagai perantara
barang/produk antara produsen dengan konsumen yang juga mendapatkan keuntungan
dari akivitas jual beli produk.
d. Bisnis
pertanan dan pertambangan, yaitu bisnis yang kegiatan dan aktivitasnya berupa
memproduksi barang-barang mentah.
e. Bisnis
Finansial, yaitu aktivitas atau kegiatan yang mendapatkan keuntungan dari
sebuah investasi dan pengelolaan modal yang diberikan kepada pelaku usaha untuk
nantinya mendapatkan bagi hasil dengan pelaku usaha.
f.
Bisnis informasi, yaitu kegiatan/ativitas yang
menghasilkan keuntungan terutama dari penjualan kembali properti intelektual.
g. Bisnis utilitas,
merupakan bisnis yang mengoperasikan jasa untuk publik.
h. Bisnis real
estate, merupakan kegiatan/aktivitas yang dapat menghasilkan keuntungan dengan
cara menjual, menyewakan, dan mengembangkan properti.
i.
Bisnis transportasi, yaitu bisnis/kegiatan yang
mendapatkan keuntungan dengan cara mengantarkan barang atau individu dari
sebuah lokasi ke lokasi tujuan konsumen sehingga pelaku mendapatkan imbalan
sebagai jasa.
B. Pemasaran
Online/Online Marketing
1)
Defini
Pemasaran ‘Online’
Pemasaran Online (online marketing) merupakan kegiatan
komunikasi pemasaran dengan menggunakan media internet. Pemasaran adalah suatu
proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok untuk
mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan,
dan mempertukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain.
2)
Manfaat
Pemasaran ‘Online’
a. Melakukan
perubahan dengan cepat
b. Menentukan
sasaran demografis tertentu
c. Banyak
media pilihan
d. Penghubung
yang efektif antara pemasar dengan konsumen
e. Kemampuan
konversi instan
3)
Keuntungan
Pemasaran ‘Online’
a. Tanpa batas
waktu
b. Tanpa batas
tempat
c. Efisiensi
biaya operasional
d. Kemudahan
dalam srategi pemasaran produk
e. Kemudahan
manajemen dan organisasi
f.
Kemudahan pengawasan
g. Memberikan
keuntungan yang tidak terbatas
4)
Komponen
Pemasaran ‘Online’
a.
Produk
Produk merupakan titik sentral dari kegiatan marketing. Semua
kegiatan marketing lainnya digunakan untuk menunjang pemasaran produk. Produk
meliputi segala sesuatu yang dapat ditawarkan oleh produsen untuk diperhatikan,
dicari, diminta, dibeli, digunakan, atau pun dikonsumsi pasar sebagai pemenuhan
kebutuhan atau keinginan pasar yang bersangkutan.
b.
Price
Kegiatan pemasaran barang dan jasa yang dilakukan perusahaan
perlu memperhatikan faktor harga atau price. Price ini yang juga merupakan bagian dari 4P komponen pokok marketing mix.
c.
Place
Pengertian saluran distribusi adalah rute atau rangkaian
perantara. Place yang dimaksud ini meliputi yang dikelola pemasar maupun yang
independen, dalam menyampaikan barang dari produsen ke konsumen.
d.
Promotion
Komponen marketing mix yang
keempat adalah promosi. Kegiatan promosi dan produk, tidak dapat dipisahkan
karena keduanya pada dasarnya saling berkaitan.
e.
People
People unsur orang
atau manusia yang melayani terutama dalam perusahaan yang menjual jasa. Yang
termasuk dalam 5P ini meliputi unsur pimpinan, yang mengambil keputusan, dan
unsur karyawan yang melayani konsumen.
f.
Pyshical
evidence
Pyshical evidence merupakan bukti fisik yang dimiliki oleh
perusahaan jasa.
g.
Process
Process yakni bagaimana proses pemasaran dilakukan sampai
jasa yang diminta oleh konsumen diterima secara memuaskan.
5)
Cara Kerja
Pemasaran ‘Online’
a) Awarenes
(kesadaran)
b) Internet
(ketertarikan)
c) Desire
(keinginan)
d) Action
(tindakan)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar